Fashion Design - ELS PPPK Petra

Fashion Design

Deskripsi

Mempelajari teknik menggambar "model", ilustrasi berbagai macam bahan, menggambar busana sesuai sumber ide hingga membuat koleksi kecil berdasarkan tema

Hasil

Siswa mampu menggambarkan model lurus dan atau menggambarkan model lurus gerak dengan mendesain busana berdasarkan contoh bahan sheer weight (ringan) sampai medium weight (sedang)

Kapasitas Kelas

20 – 25 siswa

Apa yang Siswa Pelajari

Kegiatan ELS Fashion Design ini diselenggarakan untuk siswa yang ingin mengembangkan minatnya dalam merancang fashion. Materi yang diajarkan adalah pengenalan dasar fashion, anatomi tubuh, fashion scrapbook, desain kaos dan aksesoris serta pengembangannya dalam menciptakan karya fashion yang menarik.

Tujuan ELS Fashion design

Siswa mampu menciptakan dan mendesain fashion berdasarkan kreasi/ide mereka dengan baik.

Kegiatan ELS Fashion Design telah diadakan di :

  • SMP Kristen Petra 1
  • SMP Kristen Petra 3
  • SMP Kristen Petra 4
  • SMP Kristen Petra 5

Testimonial Siswa

Saya memilih kegiatan ELS Fashion Design tanpa ragu-ragu karena saya sangat suka menggambar dan desain. Kegiatan ELS Fashion Design ini dibimbing oleh guru-guru yang sangat berpengalaman, pintar dan sabar sehingga kami semua dapat belajar dengan baik. Saya merasa senang dan bangga karena mendapatkan pengalaman baru bagaimana merancang pakaian sesuai dengan ide saya sendiri dengan teknik yang benar. Terima kasih SMP Kristen Petra 1 yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan melalui kegiatan ELS Fashion Design ini.
Nikita Gabriella – SMP Kristen Petra 1
Saya memilih ELS Fashion Design karena saya senang mengikuti trend dan sangat tertarik dengan pakaian masa kini, melalui ELS ini saya sangat berharap bisa mendesain baju sendiri dan juga bisa saya pakai sendiri. Banyak hal yang dipelajari di ELS Fashion Design yaitu mendesain pakaian, menggambar anatomi tubuh, teknik mewarnai menggunakan pensil warna, sehingga saya tidak pernah merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas dari ELS ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada SMP Kristen Petra 1 dan guru pembina yang telah mengajari saya bisa mengembangkan hobi dan talenta saya di bidang fashion design.
Jasmine Pascalina – SMP Kristen Petra 1
Setelah mengikuti ELS ini, saya mengetahui teknik mewarnai sebuah desain dengan lebih baik. Saya juga bisa membaur dan mengenal banyak teman dari berbagai kelas lainnya. ELS Fashion Design sangat berguna dan menyenangkan untuk saya.
Jesslyn Elaine Saputra – SMP Kristen Petra 3
Dengan mengikuti kegiatan ELS ini, saya lebih mengerti bagaimana cara mendesain sebuah pakaian dengan benar, mulai dari alat-alat yang digunakan hingga cara membuat pola pakaian. Teknik mewarnai desain saya menjadi lebih baik dan lebih menarik.
Stephanie Lindawati – SMP Kristen Petra 3
Kegiatan ELS ini sangat menyenangkan karena saya dapat memperdalam hobi menggambar saya. Semoga ilmu yang telah diberikan dapat membantu mengembangkan cita-cita saya sebagai desainer terkenal di kemudian hari.
Natasha Trixie – SMP Kristen Petra 5

Testimonial Orang Tua

Saya mendukung pilihan Nikita mengikuti ELS Fashion Design karena saya tahu dia suka menggambar dan setelah mendapat bimbingan dari guru pengajar ELS, saya melihat banyak kemajuan yang diperoleh baik teknik menggambar, mewarna, maupun ide-ide rancangan pakaian. Saya berharap Nikita dapat terus mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam mendesain pakaian sebagai salah satu life skill yang dapat digunakan di kemudian hari. Saya berterima kasih kepada SMP Kristen Petra 1 dan tim pengajar ELS fashion design untuk kesempatan dan bimbingan yang diberikan kepada anak saya. Semoga Petra terus maju dan bersemangat dalam mendukung kegiatan akademik dan non akademik siswa-siswinya.
Ibu Nenly Hendrawan – Orang tua Nikita Gabriella – SMP Kristen Petra 1
Sebagai orang tua yang ingin anaknya bisa mengembangkan bakat di bidang fashion design, maka mengikuti ELS Fashion Design adalah pilihan yang tepat. Kegemaran Jasmine sejak kecil dalam hal menggambar semakin terasa setelah mengikuti ELS tersebut. Semoga suatu saat nanti Jasmine bisa diberi kesempatan untuk mewakili sekolah di ajang perlombaan. Sebagai orang tua murid, saya menyampaikan terima kasih kepada SMP Kristen Petra 1 yang telah membimbing Jasmine melalui pendidikan dan kegiatan ELS ini.
Ibu Lilyana Phandeirat – Orang tua Jasmine Pascalina – SMP Kristen Petra 1
Di ELS Fashion Design, anak kami mendapatkan banyak pengetahuan mengenai dunia fashion. Stephanie semakin mengerti bagaimana cara mendesain dengan baik. Semakin hari kemampuannya semakin berkembang dan semakin baik. Terimakasih untuk kegiatan ELS Fashion Design.
Ibu Silviana Lindawati – Orang tua Stephanie Lindawati – SMP Kristen Petra 3
Menurut saya selaku orangtua Jesslyn, ELS Fashion Design ini membantu anak saya dalam mengembangkan talenta menggambarnya dan membuat desain dengan lebih menarik dan spesifik. Melalui ELS ini, anak saya mampu membuat desain dengan baik dan kepercayaan dirinya meningkat.
The Hok Mie – Orang tua Jesslyn Elaine Saputra – SMP Kristen Petra 3
Harapan kami sebagai orang tua adalah agar hobi menggambar anak kami bisa semakin berkembang melalui kegiatan ELS Fashion Design dan ia dapat mencapai cita-citanya sebagai desainer terkenal kelak.
Bapak Hendra Gunawan – Orang tua Natasha Trixie – SMP Kristen Petra 5

Testimonial PIC ELS

ELS Fashion Design merupakan sebuah kegiatan yang mengakomodasi siswa yang berbakat membuat desain sebuah baju. Pengajar yang telaten dan dikombinasikan dengan teknik mengajar yang menyenangkan membuat para siswa antusias mengikuti kegiatan ELS ini. Ketika pengajar menemukan ada siswa yang mengalami kesulitan, pengajar membimbing siswa untuk mengetahui kesalahannya dan bagaimana cara memperbaiki kesalahannya. Pengajar juga memberitahukan batas waktu pengumpulan tugas agar siswa terbiasa berdisiplin dan tepat waktu.
Ibu Herawati D. Prasetyaningtyas, S.Pd. – Guru Pendamping ELS SMP Kristen Petra 1
ELS Fashion Design dapat mewadahi kreativitas siswa di bidang fashion. ELS ini merupakan salah satu langkah dari sekolah untuk memfasilitasi pengembangan bakat siswa sehingga beberapa siswa dapat mengikuti berbagai kompetisi fashion design dan memenangkan kompetisi tersebut.
Ibu Rosa Wuri Amurti – Guru Pendamping ELS SMP Kr Petra 3
Para siswa merespons kegiatan ELS ini dengan baik dan mereka mampu membuat sebuah proyek fashion design dengan beberapa tema dan hasilnya sangat memuaskan. Pengajar juga sangat menguasai materi dan mampu menjawab pertanyaan siswa dengan baik.
Ibu Fransisca Picauly – Guru Pendamping ELS SMP Kr Petra 3
Para siswa tampak bersemangat dan termotivasi mengikuti kegiatan ELS ini. Para pengajar juga lebih bersemangat karena banyak dari para siswa yang serius dalam belajar.
Bapak Yohanes Didik S. – Guru Pendamping ELS SMP Kr Petra 5