Presenter

Presenter

Deskripsi

Pelatihan public speaking dengan metode pembelajaran watch, learn, practice

Hasil

Peningkatan pada cara berkomunikasi siswa

Kapasitas Kelas

20 – 25 siswa

Meningkatnya kebutuhan adanya Presenter di berbagai acara baik on air atau off air, menjadikan profesi presenter diminati oleh banyak orang. PPPK Petra berusaha menyalurkan ketertarikan siswa yang ingin menengembangkan bakat dan minatnya di bidang tersebut dengan mengadakan kegiatan ELS Presenter.

Apa yang Siswa Pelajari

Siswa akan diajarkan mengenai strategi dan teknik menjadi TV Presenter, Video Jockey (VJ), Penyiar Radio, Master of Ceremony (MC), juga seni olah vokal dalam Public Speaking. Siswa juga akan dibekali dengan pengetahuan mengenai music, infotainment, talkshow, dan news.

Tujuan ELS Presenter

Meningkatkan keberanian dan kemampuan bicara siswa, memberikan pengetahuan secara luas, dan menjadi presenter yang dapat memenuhi selera publik.

Kegiatan ELS Presenter telah diadakan di :

  • SD Kristen Petra 5
  • SD Kristen Petra 7
  • SD Kristen Petra 9
  • SD Kristen Petra 10
  • SD Kristen Petra 13
  • SMP Kristen Petra 1
  • SMP Kristen Petra 3
  • SMP Kristen Petra 4

Testimonial Siswa

Saya memiliki mimpi bisa menjadi seorang presenter, Master of Ceremonial, atau penyiar radio. Adanya ELS Presenter ini, dapat membantu saya untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat yang saya miliki dengan harapan mimpi dan cita-cita saya dapat terwujud.
Satryo Wibowo – SD Kristen Petra 5
Cita-cita saya adalah menjadi seorang presenter terkenal! Melalui kegiatan ini, saya dapat belajar cara berbicara di depan publik dan lebih percaya diri. Kedepannya saya ingin belajar cara menyampaikan sebuah konten dengan luwes dan tidak bertele-tele. Beberapa waktu yang lalu kelas ELS Presenter mengadakan fieldtrip ke sebuah stasiun radio sehingga saya jadi mengetahui cara kerja dan cara penyiar mengolah kata-kata dengan baik. Saya sungguh sangat senang.
Joy Nathanielle – SD Kristen Petra 7
Saya mengikuti kegiatan ELS Presenter karena ingin menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan publik. Di ELS ini saya tidak hanya belajar cara mengolah kata namun banyak ilmu lain yang saya dapatkan di kelas ini. Pengajar ELS baik dan telaten mengajar saya sehingga saya lebih percaya diri ketika memandu sebuah acara. Setelah mengunjungi salah satu stasiun TV, saya menjadi semakin tertarik untuk menjadi seorang presenter berita. Semoga saya berhasil!
Debby Yunitsari – SD Kristen Petra 7
Dulu saya adalah seorang yang penakut dan tidak pandai dalam berbicara. Namun setelah saya mengikuti kegiatan ELS Presenter, saya lebih percaya diri dan lancar dalam berkomunikasi. Di kelas ELS juga diajarkan berbagai ilmu pengetahuan yang dapat menambah wawasan mengenai dunia presenter.
Aurelia Gunawan – SMP Kristen Petra 2

Testimonial Orang Tua

Besar harapan saya, Satryo dapat mengembangkan bakat dan talentanya dalam bidang presenter dan kelak ia dapat menjadi seorang pemimpin atau pemandu acara, baik itu di dalam kelas maupun dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah.
Ibu Arindha Dimiarni – Orang tua Satryo Wibowo – SD Kristen Petra 5

Saya sangat mendukung kegiatan ELS Presenter ini setelah melihat semangat anak saya ketika mengikutinya. Sehari sebelum kegiatan ELS berlangsung, ia selalu mengajak temannya untuk latihan berbicara agar ia memiliki persiapan yang matang saat kegiatan ELS berlangsung, Saya berharap kegiatan ini ke depannya tetap diadakan, apalagi dengan adanya kegiatan fieldtrip membuat anak-anak memiliki pandangan yang jelas mengenai cara kerja seorang presenter dan penyiar.
Ibu Miranda Jonathan – Orang tua dari Joy Nathanielle – SD Kristen Petra 7

Anak saya menyukai kegiatan ELS Presenter karena memang sesuai dengan minat dan talentanya. Kegiatan ini juga menunjang kemampuan anak saya di gereja karena Andro menjadi lebih percaya diri saat memimpin puji-pujian di gerejanya.
Ibu Daisy – Orang tua Andronikus – SD Kristen Petra 11
Presenter menjadi salah satu pilihan Chloe yang sangat saya dukung. Belajar  berkomunikasi di depan public dan mengasah kepercayaan diri anak sangat diperlukan di masa sekarang. Saya berharap ELS Presenter ini dapat membantu siswa menjadi lebih percaya diri, berintegritas, dan bahkan memiliki skill public speaking yang bisa berguna untuk ke depannya.
Ibu Felicia Goenawan – Orang tua Chloe Lilicia Tan – SD Kristen Petra 5

Setelah mengikuti kegiatan ELS Presenter, saya melihat kemajuan dalam diri anak saya terutama karena ia lebih lancar berbicara dan mengeluarkan pendapat. Intonasi dan pengucapan vokalnya juga semakin jelas dan ia menjadi lebih percaya diri.
Susantya Candrasa Widi Paulus – Orang tua Anindya Putri – SMP Kristen Petra 4

Testimonial PIC ELS

ELS Presenter menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk menyalurkan bakat dan minat siswa, serta melatih siswa untuk dapat menyampaikan ide dan pendapat kepada orang lain melalui kemampuan public speaking yang baik. Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ELS Presenter ini, dapat kami libatkan dalam beberapa event sekolah untuk menjadi presenter di acara tahunan sekolah seperti pentas seni, Natal, Paskah, perpisahan siswa kelas 6, dan lain-lain.
Ibu Sifra Paramma, S,Si.Teol. – Guru Pendamping ELS Presenter – SD Kristen Petra 5

Kegiatan ELS Presenter sangat digemari murid SD Kristen Petra 7 Surabaya. Setiap kegiatan berlangsung para siswa terlihat bersemangat dan mengikuti arahan pengajar dengan tertib. Melalui kegiatan ini para siswa belajar bagaimana cara menyampaikan berita, memandu berbagai jenis dan lain sebagainya dengan benar. Kegiatan ini sangat membantu para murid dalam mengembangkan cara berkomunikasi dengan baik dan memberikan gambaran nyata cara kerja profesi presenter.
Ibu Lusy – PIC ELS SD Kristen Petra 7

Kegiatan ELS Presenter dikemas semenarik mungkin dan tidak monoton, sehingga siswa yang mengikuti juga antusias. Siswa-siswi juga aktif terlibat sebagai master of ceremonial di acara tahunan sekolah seperti pentas seni, Natal, Paskah, hingga perpisahan siswa kelas 6. ELS Presenter menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk menyalurkan bakat, serta siswa dilatih cara menyampaikan ide dan pendapatnya kepada orang lain melalui kemampuan public speaking yang baik.
Juventus Madol – Guru Pendamping ELS Presenter SD Kristen Petra 5

Potensi siswa dalam bidang brodcasting berkembang dan beberapa siswa mulai berani untuk berbicara didepan umum. Kegiatan di dalam kelas yang menyenangkan membuat siswa menjadi lebih antusias dalam belajar. Walau ada beberapa siswa yang masih malu dan kurang percaya diri dalam berbicara, namun terdapat perkembangan ke arah yang baik.
Ibu Ester Sekar P. - PIC ELS SMP Kristen Petra 4